UNS Masuk Top 5 Pendanaan P2MW, berujung Juara 3 KMI Awards 2023

Tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan kembali menyelenggarakan Program Pendampingan Mahasiswa Wirausaha atau P2MW. Univesitas Sebelas Maret melalui Pusat Pengembangan Kewirausahaan mengirimkan 17 proposal kelompok usaha dan berhasil tembus 14 proposal yang didanai, hal tersebut menjadikan UNS masuk kedalam Top 5 Perguruan Tinggi yang mendapatkan pendanaan terbanyak.

Program-program pendampingan mahasiswa P2MW yang dilakukan Pusat Pengembangan Kewirausahaan LPPM UNS antara lain: mentoring produksi, mentoring pasar pemasaran, mentoring HKI dan Legalitas, mentoring keuangan serta KMI Expo.

Penyelenggaraan KMI Expo 2023, telah berhasil dilakukan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan di Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali.

Universitas Sebelas Maret ikut berpartisipasi dengan mengirimkan 2 produk utama dan 1 produk pendamping untuk berkompetisi dengan Universitas di seluruh Indonesia. Produk utama adalah hasil seleksi Tim Belmawa dari 14 kelompok usaha UNS yang mendapatkan pendanaan P2MW (Program Pendampingan Mahasiswa Wirausaha) yaitu Fresh Jamur dari kategori Budidaya dan Oppa Gemes dari kategori Makanan dan Minuman. 2 produk utama berhak mengikuti dan menjadi nominasi KMI Awards.

Pada hari pertama stan UNS menjadi salah satu daya tarik utama, ramai dikunjungi oleh mahasiswa Undiksha, pelajar, dan peserta dari universitas lain yang turut serta dalam KMI Expo 2023. Antusiasme pengunjung semakin meningkat berkat berbagai kegiatan menarik di stan UNS seperti games dengan hadiah-hadiah menarik bagi yang beruntung. Pada acara penutupan di hari terakhir, Fresh Jamur diumumkan menjadi Juara 3 pada kategori Budidaya dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan beasiswa Pendidikan dari Undiksha.